358QHmUbFfVCWnFmKzA6bJLHBWq3zReiU3KEyFvm

Pengamat: Nadiem Makarim dan Fachrul Razi Harus Hati-Hati

Nadiem Makarim dan Fachrul Razi Harus Hati-Hati

Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim terkait pembukaan sekolah masih ditunggu masyarakat.

Demikian juga pembukaan pesantren dan madrasah, masyarakat menunggu kebijakan Menteri Agama Fachrul Razi.

Sayangnya sampai hari ini pemerintah belum memutuskan apakah sekolah bisa dibuka atau tidak saat new normal. Yang diputuskan hanya tahun ajaran baru dimulai pertengahan Juli 2020.

Menurut Pengamat Kebijakan Publik Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah, sikap pemerintah yang terkesan lamban ini harus dipahami seluruh masyarakat.

Mendikbud maupun Menag harus berhati-hati memutuskan pembukaan sekolah pada masa tatanan normal baru (new normal) pandemi COVID-19.

"Pemerintah memang sudah memutuskan untuk tetap menjalankan tahun ajaran baru pada pertengahan Juli 2020. Namun, tahun ajaran tersebut tidak serta merta bersamaan dengan proses belajar-mengajar secara tatap muka," kata Trubus di Jakarta, Rabu (10/6).

Kebijakan pembukaan sekolah, lanjutnya, memang harus berdasarkan koordinasi agar tidak menimbulkan persoalan baru.

Terlebih, sektor pendidikan memiliki jenjang yang banyak dan anak-anak merupakan kelompok usia yang rawan terinfeksi, sehingga sudah selayaknya sangat berhati-hati.

Untuk pembukaan sekolah, menurut Trubus, setidaknya melibatkan empat lembaga yakni Kemendikbud, Kemenag, Gugus Tugas COVID-19, dan Kementerian Kesehatan.

Kemendikbud dan Kemenag, misalnya, tidak boleh mengambil kebijakan pembukaan sekolah tanpa mendapatkan rekomendasi dari Gugus Tugas COVID-19 dan Kemenkes.

Sebab, kedua lembaga ini yang memiliki otorisasi terkait kesehatan dan situasi pandemi di suatu wilayah.

“Belum lagi dalam pelaksanaan akan melibatkan pemerintah daerah, bahkan sampai ke tingkat RT/RW,” jelasnya.

Menurut dia, saat ini masyarakat sangat kritis menyikapi kebijakan yang dikeluarkan pemerintah. Faktor keamanan, kesehatan, dan ekonomi masyarakat harus menjadi pertimbangan penting ketika pemerintah mengeluarkan kebijakan publik. Selain itu, konsistensi serta ketegasan implementasi kebijakan di lapangan sangat penting.

Menurut Trubus, penyampaian kebijakan yang belum matang kepada publik dan tanpa didahului oleh koordinasi yang baik antarlembaga pemerintah hanya akan memunculkan kontroversi dan membuat masyarakat bingung.

Salah satu contoh, adalah saat terdapat beberapa kali revisi terkait kebijakan angkutan umum.

“Jelas ini menjadi preseden buruk terhadap kebijakan yang telah dibuat karena terkesan tidak matang dan tidak konsisten dan membuat kebijakan selanjutnya berpotensi untuk tidak diindahkan,” ungkap Trubus.

Pemerintah juga harus mendengarkan dan mengakomodasi setiap masukan dari elemen masyarakat yang bermanfaat bagi kepentingan publik. “Di tengah situasi seperti ini, peran serta masyarakat yang lebih luas adalah kunci dalam penyusunan kebijakan yang komprehensif dan kredibel,” terang Trubus.

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo juga mendukung pemerintah untuk sangat berhati-hati ketika ingin membuka sekolah.

Menurut dia, perlu keputusan yang cermat untuk mencegah serangan COVID-19 tahap kedua yang berpotensi menyasar anak-anak usia sekolah. Keselamatan dan kesehatan anak-anak harus menjadi prioritas.

Dia juga meminta orang tua siswa turut membimbing anak-anak dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh serta mencontohkan penerapan protokol kesehatan agar siap saat new normal. (esy/jpnn)

Wajib Baca

Related Posts

2 comments

  1. The best thetaion titanium alloy. - TiNIC - Titanium-Arts
    TetiOton ford fiesta titanium is a titanium alloy that has an ideal for welding titanium dive knife at a titanium scale. In the case titanium properties of an alloy, TetiOton harbor freight titanium welder is a suitable Material: Copper titanium quartz meaning

    ReplyDelete
  2. 또한 원화 입출금을 지원하고 각종 가상화폐 등의 입출금을 지원해 국내의 배터들이 비교적 편리하게 이용할 수 있습니다. 이 외 지역은 배송비가 부과될 수 있으니, 반드시 해당 쇼핑몰 배송비 정보를 확인해야 합니다. 다파벳 첫 입금 보너스(다파벳우회) 포커 첫 입금 보너스 참여 방법 본 프로모션에 한 번 참여 양식을 작성하십시오. 룰렛 다파벳 계정을 생성하시고 다파벳 포커 클라이언트에 로그인하여 다음 보너스를 ... 보너스 점수는 적지 만 사이트의 용이성 로딩이 빠른 쾌적함 등, 한국어 번역도 크롬으로 간편하게 적용이 가능하기 때문에 국내에서 인기가 많은 베팅업체입니다.

    ReplyDelete